Senin, 01 Februari 2016

Machinen Pistole 40 (MP40)

Machinen Pistole 40 (MP40)


MP40 Atau bahasa Jermanya "Machinen Pistole 40" adalah salah satu senjata Jerman yang populer semasa Perang Dunia ke II . Termasuk senjata Schmeisser (Senapan mesin ringan) , MP40 juga mempunyai Popor lipat yang dapat digunakan. MP40 Dicipitakan oleh Heinrich Vollmer , Beratnya mencapai 4 Kg . Mulai diproduksi pada tahun 1939 . Jumlah produksi pada perang Dunia Ke II diatas 1 Juta Pucuk senjata MP40. Panjang 833 mm + 630 mm (Popor Lipat) . Dalam 1 magazine MP40 terdapat 32 Butir peluru 9 X 19 mm Parabellum .


Dalam sejarahnya , MP40 sering digunakan oleh pasukan terjun Payung Jerman atau juga disebut "Fallschirmjäger". Karena kelebihan senjata ini adalah sangat efisien , Keakuratanya yang sangat baik , dan sangat mudah dioprasikan .


Sehingga tidak salah , pada akhir Perang Dunia ke II Banyak senjata MP40 yang tidak bertuan ditukar dengan senjata Thompson m4a1 dan M3 Grease gun dengan MP40 sisanya menyebar di seluruh Eropa akibat dari Pasar Gelap.


Pada awal Perang Dunia II , senjata ini sangat jarang ditemukan , karena mahalnya harga Produksi MP40 pada saat itu khusunya di kalangan perwira-perwira Waffen-SS , Wehrmacht , dan SA (Sturmabteilung) . Hanya kru elite , Gestapo , Perwira tinggi , Panzer Ace , Polisi Militer Nazi yang biasanya memakai MP40.


Seiring perkembangan waktu , hampir semua Pasukan Waffen-SS pada saat perang di Stalingrad dekat sungai Volga di Russia melawan Pasukan merah Russia "Red Army" telah memakai MP40 . Tetapi pada saat akhir-akhir Perang Dunia II banyak MP40 dari Perwira Nazi diganti dengan Stg 44 yang jauh lebih bagus , khususnya pada saat Jerman melakukan perlawanan sekaligus Pertahanan utamanya di Berlin pada saat melawan Rusia .

>>> SUMBER DARI BERBAGAI SUMBER<<<<


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut