Minggu, 14 Februari 2016

OPERASI MILITER YANG PERNAH DILAKUKAN TNI.

OPERASI MILITER YANG PERNAH DILAKUKAN TNI

1. Operasi Trikora (1962)
Operasi Trikora (Tri Komando Rakyat) adalah konflik 2 tahun yang dilancarkan Indonesia untuk menggabungkan wilayah Papua bagian barat. Pada tanggal 19 Desember 1961, Soekarno (Presiden Indonesia) mengumumkan pelaksanaan Trikora di Alun-alun Utara Yogyakarta. Soekarno juga membentuk Komando Mandala. Mayor Jenderal Soeharto diangkat sebagai panglima. Tugas komando ini adalah merencanakan, mempersiapkan, dan menyelenggarakan operasi militer untuk Menggabungkan Papua bagian barat dengan Indonesia.

2. Operasi Dwikora (1964)
Konfrontasi Indonesia-Malaysia atau yang lebih dikenal sebagai Konfrontasi saja adalah sebuah perang mengenai masa depan Malaya, Brunei, Sabah dan Sarawak yang terjadi antara Federasi Malaysia dan Indonesia pada tahun 1962 hingga 1966.
Perang ini berawal dari keinginan Federasi Malaya lebih dikenali sebagai Persekutuan Tanah Melayu pada tahun 1961 untuk menggabungkan Brunei, Sabah dan Sarawak ke dalam Federasi Malaysia yang tidak sesuai dengan Persetujuan Manila.
Oleh karena itu, keinginan tersebut ditentang oleh Presiden Sukarno yang menganggap pembentukan Federasi Malaysia yang sekarang dikenal sebagai Malaysia sebagai "boneka Inggris" merupakan kolonialisme dan imperialisme dalam bentuk baru serta dukungan terhadap berbagai gangguan keamanan dalam negeri dan pemberontakan di Indonesia
Sayang nya Operasi ini Soekarno tidak di dukung oleh kalangan Elite Abri (TNI) waktu itu. jadi terkesan Operasi Militer yg dilakukan cuma setengah-setengah.

3. Operasi Seroja (1975-1978)
Operasi Seroja atau Invasi Indonesia atas Timor Timur dimulai pada tanggal 7 Desember 1975 ketika militer Indonesia menginvasi Timor Timur dengan dalih anti-kolonialisme. Penggulingan pemerintahan Fretilin yang tengah populer dan singkat memicu pendudukan selama seperempat abad dengan kekerasan dimana sekitar 100-180,000 tentara dan warga sipil diperkirakan tewas atau menderita kelaparan.
Selama bulan-bulan pertama pendudukan, militer Indonesia menghadapi perlawanan pemberontakan yang berat di pedalaman pegunungan pulau, tapi dari tahun 1977-1978, militer memperoleh persenjataan canggih baru dari Amerika Serikat, Australia, dan negara-negara lain, untuk menghancurkan basis Fretilin.Namun setelah dua dekade terakhir, melihat bentrokan terus-menerus antara kelompok Indonesia dan Timor Timur atas status Timor Timur, Indonesia akhirnya pada tahun 1999 melakukan refrendum, Hasilnya Timor Timur memilih untuk berpisah dari NKRI.

4. Operasi Woyla (1981)
Garuda Indonesia Penerbangan 206 yang di bajak oleh kelompok teroris atau dikenal dengan sebutan Peristiwa Woyla. adalah sebuah penerbangan maskapai Garuda Indonesia dari pelabuhan udara sipil Talangbetutu Palembang ke Bandara Polonia Medan. dan mengalami insiden pembajakan pesawat. terjadi pada tanggal 28 Maret 1981 oleh lima orang teroris yang dipimpin Imran bin Muhammad Zein, dan mengidentifikasi diri sebagai anggota kelompok Islam ekstremis "Komando Jihad".
Penerbangan dengan pesawat DC-9 Woyla tersebut berangkat dari Jakarta pada pukul 08.00 pagi, transit di Palembang, dan akan terbang ke Medan dengan perkiraan sampai pada pukul 10.55. Dalam penerbangan, pesawat tersebut tiba-tiba dibajak oleh lima orang teroris Komando Jihad yang menyamar sebagai penumpang. Setelah mendarat sementara untuk mengisi bahan bakar di Bandara Penang, Malaysia, akhirnya pesawat tersebut terbang dan mengalami drama puncaknya di Bandara Don Mueang di Bangkok, Muang Thai tanggal 31 Maret.
Imran bin Muhammad Zein, pemimpin sel kelompok Komando Jihad yang melakukan peristiwa teror ini menuntut agar para rekannya yang ditahan pasca Peristiwa Cicendo di Bandung, Jawa Barat, supaya dibebaskan. Dalam Peristiwa Cicendo, 14 anggota Komando Jihad membunuh empat anggota polisi di Kosekta 65 pada 11 Maret 1981 dini hari. Usai peristiwa itu, sejumlah anggota Komando Jihad ditahan dan terancam hukuman mati.
Peristiwa pembajakan pesawat Garuda DC-9 Woyla ini menjadi peristiwa terorisme bermotif "jihad" pertama yang menimpa Indonesia dan satu-satunya dalam sejarah maskapai penerbangan Indonesia.
Permintaan Teroris agar teman2 nya di bebaskan di Jawab Soeharto dengan Penyerbuan ke dalam Pesawat.
Drama pembajakan empat hari tiga malam itu pun berakhir. Sintong Pandjaitan beserta anak buahnya dianugerahi Bintang Sakti sepulangnya ke tanah air.

5. Operasi Mapenduma (1996)
Operasi Pembebasan Sandera Mapenduma adalah operasi militer untuk membebaskan peneliti dari Ekspedisi Lorentz 95 yang disandera Organisasi Papua Merdeka. Operasi ini sebagian besar anggotanya berasal dari Kopassus. Operasi dimulai tanggal 8 Januari 1996 sejak dilaporkannya peristiwa penyanderaan tersebut, dipimpin oleh Komandan Kopassus Prabowo Subianto.
Operasi berakhir tanggal 9 Mei 1996 setelah penyerbuan Kopassus ke markas OPM di Desa Geselama, Mimika. Dalam penyerbuan ini, 2 dari 11 sandera ditemukan tewas, Matheis Yosias Lasembu, seorang peneliti ornitologi dan Navy W. Th. Panekenan, seorang peneliti biologi. sementara 8 anggota OPM tewas dalam baku tembak jarak dekat.
Operasi Militer Ini Di Sebut Sebagai "MISSION IMPOSSIBLE" oleh Media Internasional. Biasanya Peta yg di gunakan untuk Perang atau Operasi Militer adalah 1:25.000 atau 1:50.000. tapi ketika itu Kopasus hanya memiliki Peta 1:1000.000.
Bahkan Pasukan Militer inggris SAS(Special Air Service) yang Jg Pasukan Elite Terbaik Dunia mengatakan Operasi Mapenduma tidak akan mungkin berhasil hanya James Bond yang bisa Melakukan nya.
Tapi ketika Kopasus berhasil melakukan misi nya nama Kopasus menjadi di Hormati di Dunia.

6. Operasi Terpadu (2003-2004)
Operasi militer Indonesia di Aceh (disebut juga Operasi Terpadu oleh pemerintah Indonesia) adalah operasi yang dilancarkan Indonesia melawan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dimulai pada 19 Mei 2003 dan berlangsung kira-kira satu tahun. Operasi ini dilakukan setelah GAM menolak ultimatum dua minggu untuk menerima otonomi khusus untuk Aceh di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Operasi ini merupakan operasi militer terbesar yang dilakukan Indonesia sejak Operasi Seroja (1975), dan Pemerintah mengumumkan terjadinya kemajuan yang berarti, dengan ribuan anggota GAM terbunuh, tertangkap, atau menyerahkan diri. Operasi ini berakibat lumpuhnya sebagian besar militer GAM, dan Bersama dengan gempa bumi dan tsunami pada tahun 2004 menyebabkan berakhirnya konflik 30 tahun di Aceh.

7. Operasi Pembebasan Sandera Kapal Sinar Kudus (Somalia)
Bisa dikatakan ini operasi senyap karena sangat rahasia. Waktu itu Presiden SBY tidak mau menggembor2kan rencana operasi yg akan dilakukan oleh TNI. Walaupun akibatnya SBY di kritik oleh media2 karena di anggap lamban dan tidak serius. Tapi kenyataanya Operasi ini Sukses.
"Orang pada ribut, kita dianggap diam saja, mereka bilang mana harga diri kita. ini ini, mana itu. Padahal tidak mungkin saya mengatakan sudah berangkat seminggu yang lalu. kekuatan segini sekarang posisisnya disini, " ujar SBY dengan nada tinggi
"Kita dikejar pers, pengamat, politisi saya bilang jangan dibocorkan. Tidak mungkin operasi militer itu diberitahukan kapan waktu-nya, tempatnya itu, lautnya begini, kekuatan begini sama saja setor nyawa," kata SBY menegaskan
Pasukan terdiri dari Kopaska, Denjaka Korps Marinir, Sandi Yudha Kopasus, Kostrad dengan Alutistas dua KRI, satu helikopter BO-105 dan empat sea raider.
Kemudian awak TNI AU dengan kru 16 personei dibawah pimpinan Kapten pilot Letkol Penerbangan Renard Siregar sebagai angkutan penerbangan Satgas Merah Putih.
Ketiga angkatan personel pasukan penguatan Satgas Merah Putih dibawah Mayjen Alfan Baharudin yang berjumlah 488 personel yang terdiri dari ABK dan Kopaska dengan alutista KRI Banjarmasin, satu helikopter, tujuh Sea Raider, dan beberapa alat tempur lain. Kemudian terakhir Satgas Intel gabungan sebanyak 15 orang.
Menurut info yg beredar kalau seandainya pperasi militer itu tidak dilakukan, TNI akan menduduki Kampung Bajak Laut di lepas Pantai Somalia. Rencana ini jg sudah disetujui SBY.
Guna mendukung rencana menduduki pantai Somalia itulah, dua kapal fregat yang diberangkatkan ke perairan Somalia juga membawa serta lima buah tank BNP3F milik Korps Marinir TNI AL. Selain tank, Satgas pembebasan sandera juga membawa sejumlah artileri lain.

Sumber: kaskus







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut