Kamis, 05 Maret 2015

APA SIH DNA ITU...? DAN DARIMANA SAJA SUMBER DNA...?

~ APA SIH DNA ITU...? DAN DARIMANA SAJA SUMBER DNA...?

Pada tanggal 25 April 1953, dua ilmuwan muda asal Amerika dan Inggris, James Watson dan Francis Crick mengumumkan proposal mereka mengenai struktur B-DNA di jurnal ilmiah terkemuka Nature.
Karya ilmiah mereka yang berjudul "Molecular Strucure of Nucleic Acids: A Structure for Deoxyribose Nucleic Acid" ini panjangnya hanya satu halaman (manuskripnya diketik adik Watson, Betty), memakai hanya satu ilustrasi (digambar oleh istri Crick, Odile) dan enam daftar pustaka. Sebuah artikel yang sederhana untuk suatu terobosan besar di bidang biologi dan kimia. Bahkan ketika tulisan ilmiah ini terbit, surat kabar di Inggris tidak memberitakannya sampai tanggal 15 Mei, ketika Sir Lawrence Bragg (direktur Laboratorium Cavendish dimana Watson dan Crick mengerjakan riset mereka) memberikan kuliah di London yang lantas diliput oleh The News Chronicle of London. Bukan itu saja. Walaupun Dr. Crick kemudian diwawancarai oleh BBC di musim gugur tahun itu, penemuan struktur double helix (spiral ganda) DNA itu hanya diberitakan sekedarnya saja setelah itu. Bahkan Dr.Robert C. Olby (sejarawan di University of Pittsburgh) mengatakan bahwa di majalah Nature pada tahun yang sama, dari 20 artikel tentang DNA, hanya 7 yang menyebut double helix.
Kenapa berita tentang penemuan struktur DNA ini tidak begitu menggemparkan saat itu? Menurut para sejarawan dan ahli Biologi, masih banyak pertanyaan yang belum dapat dijawab oleh teori Watson-Crick saat mereka mengumumkan temuannya. Bagaimana struktur spiral ganda itu membuka gulungannya? Bagaimana ia dapat memerintahkan sel untuk mereproduksi protein-protein? Apa kode yang tersimpan didalamnya? Pertanyaan-pertanyaan ini baru terjawab dalam kurun waktu sepuluh tahun kemudian, yang mencapai puncaknya dengan pemberian hadiah Nobel Kedokteran pada tahun 1962 kepada Dr. Watson, Dr. Crick dan Dr. Wilkins.
Deoxyribonukleic acid, atau lebih dikenal dengan DNA, adalah salah satu materi biomolekul inti dari makhuk hidup, termasuk juga pada manusia. Hampir dari semua sel pada seorang manusia mempunyai sel DNA yang sama. Materi genetika yang berbentuk double helix ini sangat berperan bagi pertumbuhan dan perkembangan manusia.
Pengambilan sampel DNA sering dilakukan untuk menjadi sumber informasi dalam mengidentifikasi sesuatu. Seperti contohnya dalam dunia forensik, pengambilan sel DNA dapat memberikan keterangan genetik pada tubuh manusia yang telah meninggal. Ini penting untuk mengungkap identitas seseorang yang telah meninggal, seperti misalnya pada korban pembunuhan atau kecelakaan.
"Sampelnya sebenarnya bisa dari bagian tubuh mana saja. Hampir semua sampel biologis dapat dipakai untuk tes DNA. Darah, mukosa pipi, saliva, sperma," kata dr Herawati Sudoyo, Ph.D, dokter, peneliti, dan penganalisa DNA forensik dari Lembaga Biologi Molekul Eijikman.
Darah, kata dr Hera, seringkali digunakan untuk sampel dalam uji forensik menggunakan DNA. Sebab untuk mendapatkannya pada orang yang hidup relatif mudah. Sedangkan untuk jenazah, jika kondisinya sudah membusuk sehingga jaringan lunak atau dalam rusak, tes DNA masih bisa dilakukan menggunakan tulang.
Nah, berikut ini beberapa bagian tubuh yang sering digunakan sebagai 'sumber' dalam melakukan uji DNA:
1. DARAH
Dari darah, bisa didapat banyak sekali informasi genetika seseorang. Sel darah adalah tempat mendapatkan sumber DNA terbaik dari manusia. Jumlah darah yang dapat dianalisis kurang lebih sebanyak 50 mikroliter atau setara dengan 0,05 cc.
2. JARINGAN LUNAK
Jaringan lunak pada semua daerah tubuh manusia adalah contoh yang baik untuk mengambil sampel DNA. Namun, seringkali proses pengambilan sampel DNA pada bagian ini dilakukan melalui operasi atau perlakuan invasif pada seseorang yang akan diambil contoh dari sampel DNAnya.
3. GIGI DAN TULANG
Jika seseorang telah meninggal sehingga dagingnya membusuk atau komponen jaringannya rusak, salah satu cara yang umum dilakukan oleh dokter forensik untuk mengambil contoh sel DNA adalah dengan mendapatkannya dari tulang dan gigi mayat tersebut. Karena tulang dan gigi adalah jaringan yang sulit hancur dan kuat bertahan bahkan hingga ratusan tahun.
4. AIR LIUR
Cara pengambilan sampel DNA yang paling populer dilakukan dan minim menimbulkan risiko ialah melalui pengambilan air liur. Hanya dengan cotton bud yang diseka pada permukaan mulut seseorang, maka seorang dokter dapat cukup materi DNA orang tersebut.
5. AKAR RAMBUT
Pada beberapa kasus kejahatan, seringkali korban atau pelaku meninggalkan jejak rambut yang rontok. Pada akar rambut yang rontok ini terdapat materi DNA yang sering menjadi bahan untuk pengambilan sampel.
6. SEL KULIT MATI
Sel kulit mati adalah petunjuk yang luar biasa untuk pekerjaan detektif dan polisi. Karena manusia sering melepaskan sel kulit mati, hal ini sangat membantu untuk investigasi lebih lanjut.
Di luar kasus yang melibatkan kepolisian, cara mengambil sel kulit mati didapatkan dengan cara yang sama dengan pengambilan air liur. Sel kulit pada dinding mulut adalah alasan utama untuk melakukan pengambilan sampel DNA dengan cara tersebut.
7. SPERMA
Pada contoh kasus penyiksaan secara seksual, sperma menjadi salah satu sumber yang penting dalam pencarian sampel DNA. Karena kepala dari sperma adalah sumber penting DNA. 5 Mikroliter air mani sama jumlahnya dengan 50 mikroliter darah.
Nah, soal manfaat dari penemuan DNA ini tidak perlu lagi di tanyakan karena tentu banyak manfaatnya yang bisa di ambil dari penemuan luar biasa ini. DNA juga bisa memecahkan misteri genetika seluruh makhluk hidup yang ada di muka bumi 
@RanggaBimaS
DI RANGKUM DI BERBAGAI SUMBER TERKEMUKA
smile emotikon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut