Rabu, 04 Maret 2015

Harus Paham, Ini Perbedaan antara Zeus & Jupiter ?

Harus Paham, Ini Perbedaan antara Zeus & Jupiter
Jupiter dan Zeus adalah karakter dalam mitologi Romawi dan Yunani dan diyakini sebagai dewa yang sama dalam dua budaya tersebut.
Itu sebab, kebanyakan orang menganggap Jupiter sebagai dewa Romawi yang setara dengan Zeus milik Yunani.

Zeus
Dalam mitologi Yunani, Zeus diyakini sebagai raja para dewa dan merupakan dewa paling kuat di Gunung Olympus.
Perintahnya harus diikuti oleh semua manusia dan bahkan dewa. Zeus bertugas memastikan perbuatan baik mendapatkan ganjaran dan tindakan buruk mendapatkan hukuman.
Ibu Zeus adalah Rhea dan ayahnya bernama Cronus. Zeus menikah dengan Hera. Dia diyakini juga memiliki banyak keturunan melalui hubungannya dengan dewi dan manusia.
Semua dewa menyebut Zeus sebagai ayah dan menunjukkan rasa hormat dengan berdiri di hadapannya.
Sebagai kepala dari semua dewa, menjadi wewenang Zeus untuk memberikan tugas kepada dewa lain dan untuk mengawasi langit dan alam semesta agar terus berjalan lancar.
Elang adalah hewan sucinya dan petir menjadi senjata utamanya. Zeus sering ditampilkan oleh para seniman sebagai dewa yang berdiri sambil memegang petir di tangan kanannya.
Dikatakan bahwa ayah Zeus, Cronus, menelan semua saudara-saudaranya karena ketakutan Cronus kelak akan disingkirkan oleh keturunannya sendiri.
Untuk menyelamatkan Zeus setelah lahir, ibunya, Rhea, memberi Cronus batu yang dibungkus kain untuk kemudian ditelan, berpikir bungkusan itu adalah anaknya sendiri.

Sebelum era Zeus, diceritakan Cronus memerintah bumi, langit dan laut.
Untuk menyelamatkan Zeus, nimfa yang membesarkannya menggantung Zeus dengan tali dari pohon sehingga Cronus tidak bisa melihatnya.
Di kemudian hari, Zeus membuat Cronus memuntahkan kembali saudara-saudaranya dan mengalahkannya dalam duel. Zeus kemudian menjadi raja para dewa.
Jupiter
Jupiter diyakini merupakan raja dewa dalam mitologi Romawi. Jupiter memberikan supremasi ke orang Romawi atas manusia lainnya, dengan syarat ketundukan orang Romawi kepadanya.
Dalam Kekaisaran Romawi, raja-raja dan para menteri bersumpah atas namanya ketika mengambil sumpah jabatan.
Saturnus diyakini menjadi ayah Jupiter, dan setelah kematiannya, Jupiter membagi kekuasaan dengan saudara-saudaranya yaitu Neptunus dan Pluto.
Sementara Jupiter memerintah langit, Neptunus memerintah lautan dan Pluto menjadi penguasa dunia bawah.
Jupiter menikah dengan Juno dan memiliki banyak anak yang sangat dia cintai. Jupiter juga memberi kekuatan magis untuk semua anak-anaknya.
Senjata utama Jupiter adalah petir, dan dia dikaitkan dengan guntur serta kilat.
Elang adalah hewan sucinya. Dia sering digambarkan oleh seniman memegang petir di tangan kanannya bersama dengan elang dan bola dunia.
Apa perbedaan antara Jupiter dan Zeus?
• Zeus dan Jupiter diyakini sebagai dewa yang sama meski memiliki nama berbeda dalam mitologi Yunani dan Romawi.
• Banyak sejarawan percaya Yunani dan Romawi memiliki nenek moyang Indo Eropa. Identitas Zeus dan Jupiter diyakini berasal dari dewa Indo Eropa yang berkuasa atas cuaca.
• Zeus adalah dewa utama dan raja dewa Yunani, sedangkan Jupiter adalah raja para dewa Romawi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut