Selasa, 17 Maret 2015

FAKTA-FAKTA UNIK TENTANG LAUT MATI

FAKTA-FAKTA UNIK TENTANG LAUT MATI

Laut Mati terletak di daerah antara Israel, Palestina dan Yordania. Selain keunikan namanya Laut Mati ternyata menyimpan beberapa fakta keunikan lainnya. Apa saja keunikannya, berikut keunikannya :
>> Nama Laut Mati berasal dari terjemahan bahasa Ibrani 'Yam ha Maved' yang berarti ‘Laut Pembunuh’, sedangkan dalam bahasa Arab namanya adalah 'Bahrul Mayyit' yang artinya “Laut Mati” juga.
>> Laut Mati sebenarnya bukanlah benar-benar laut, melainkan hanya sebuah danau saja. Disebut laut karena danau ‘Laut Mati’ berair asin dan memiliki wilayah yang luas yaitu panjangnya mencapai 67 Km, lebar 17 Km dengan luas permukaan 810 Km2.
>> Laut Mati terletak pada sebuah lembah berketinggian 417,5 meter atau 1.300 kaki di bawah permukaan laut menjadikan laut mati berada di titik terendah di permukaan bumi, Sedangkan titik terdalam di permukaan bumi saat ini masih dipegang oleh Palung Mariana dan titik tertingginya di tempati oleh gunung Everest (8.848 m).
>> Kadar garam laut mati adalah 33,7% atau 8 kali lebih asin dari danau biasa. Kadar kandungan garam ini menempati urutan ke dua danau terasin di dunia setelah danau Assal yang terletak di Djibouti. Dengan kandungan garam sebesar itu maka kecil kemungkinan ada kehidupan yang dapat bertahan di dalam air danau laut mati ini. Dan dengan tingginya kadar garam mmebuat kita mampu mengapung membuat kita bisa mengapung di atas permukaannya
>> Lumpur Laut Mati berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit kulit. Ini dikarenakan lumpur Laut Mati mengandung beberapa zat mineral penting seperti magnesium, kalsium, kalium, zink, iodin, chlorine, chloride, sulfur, sodium, bitumen, bromida dan pottasium. Kandungan mineral ini sangat baik, beberapa manfaatnya antara lain : dapat memperbaiki sel kulit mati, menghilangkan daki pada kulit, melancarkan sirkulasi darah, membantu menjaga kesehatan, dan khususnya bagi wanita untuk mempercantik serta menghaluskan kulit.
>> Saat ini, perairan Laut Mati mulai menyusut. Sejak tahun 1960an airnya sudah susut lebih dari 10 meter, sehingga dikhawatirkan Laut Mati terus mengalami pendangkalan. Susutnya air Laut Mati selain disebabkan oleh penguapan, juga akibat adanya proyek-proyek menyangkut air yang dilakukan oleh pemerintah Israel maupun Yordania.
>> Rencananya untuk mengatasi permasalahan penyusutan, Danau laut mati ini akan dihubungkan dengan laut Merah (Red Sea) untuk menyuplai ketersediaan air dengan cara membangun kanal-kanal untuk menghubungkan kedua tempat ini yang berjaraknya sekitar 200 km, sehingga dengan demikian kekeringan pada danau laut mati ini dapat teratasi.
.
.
.
.
Dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut