Sabtu, 07 Maret 2015

Sejarah Singkat Terbentuknya Real Madrid.



Special hari ini berdirinya Real Madrid tgl 6 Maret 1902 (113 tahun), admin akan posting sejarah singkat terbentuknya Real Madrid.
-Asal mula Real Madrid berawal ketika perkumpulan mahasiswa di universitas Institución Libre de Enseñanza di Madrid membentuk perkumpulan sepak bola. Beberapa diantara mereka juga berasal dari universitas berbeda diantaranya Cambridge dan Oxford University.
-Pada tahun 1897 para mahasiswa tersebut membentuk perkumpulan sepak bola mereka bernama Football Club Sky, anggotanya adalah para mahasiswa di kota Madrid, mereka bermain setiap hari minggu atau saat libur kuliah di Moncloa.
-Pada tahun 1900 perkumpulan ini terpecah dua karena adanya konflik dan membentuk dua kubu perkumpulan bernama Foot-Ball de Madrid dan Madrid Football Club.
-Namun pada tanggal 6 Maret 1902 perkumpulan ini bersatu kembali dan melakukan pemilihan ketua perkumpulan pertama yaitu Juan Padros, dan namanya pun disatukan kembali menjadi Madrid Football Club.
-Pada tahun 1905 Madrid Football Club menjuarai gelar pertama yaitu Piala Raja Spanyol mengalahkan Athletic Bilbao. Pada tahun 1909 klub yang berawal dari perkumpulan mahasiswa ini berubah menjadi kiblat Federasi Sepakbola Kerajaan Spanyol dan menjadi klub resmi di Liga Spanyol yang didaftarkan oleh presiden pertama klub Adolfo Meléndez di FA-nya Spanyol.
-Pada tahun 1920 Raja Spanyol King Alfonso XIII mengubah nama Madrid Football Club menjadi Real Madrid Football Club. Kata Real berarti yang melambangkan Klub kebanggaan Raja Spanyol.
-Pada tahun 1929 Liga Spanyol pertama kali digelar, saat itu di laga terakhir poin Real Madrid sama dengan Barcelona, namun di laga terakhir Real Madrid kalah oleh Athletic Bilbao dan Barcelona juara Liga. Tapi di musim selanjutnya 1930-1931 Real Madrid berhasil juara La Liga untuk pertama kalinya.
-Pada tgl 14 April 1931 Negara Spanyol mengalami konflik yang membuat Spanyol sempat menjadi negara Republik. Efeknya kata Real saat itu hilang dan kembali menjadi nama Madrid Football Club.
-Sepak bola terus berjalan selama adanya Perang Dunia kedua dan pada 13 Juni 1943 terjadi sejarah di El Clasico, Real Madrid berhasil mengalahkan Barcelona dengan skor 11-1.
-Pihak Barcelona beralasan mereka mendapat intimidasi dari kerajaan Spanyol untuk mengalah di laga El Clasico dan bahkan ketua Barcelona Enric Piñeyro saat itu mengklaim telah diserang fans Madrid. Lalu FIFA dan UEFA menyelidiki kasus tuduhan tersebut dan hasilnya apa yang pihak Barcelona katakan Tidak Terbukti dan men-sahkan hasil 11-1. Menurut wartawan Spanyol Juan Carlos Pasamontes, salah seorang pemain Barcelona bernama Josep Valle membantah berita dari Barcelona yang mengatakan kepolisian Madrid datang ke kamar ganti pemain sebelum pertandingan. Pelatih Barcelona saat itu Juan José Nogues marah-marah di ruang ganti pemain karena kecewa terhadap pemain Barca yang terpengaruh intimidasi fans Madrid sepanjang laga. Akibat pengakuan itu tidak lama Josep Valle dibuang Barcelona.
Sejarah Santiago Bernabeu Yeste
-Tahun 1945 Madrid Footbal Club berubah kembali menjadi Real Madrid Football Club dengan presiden pertama Santiago Bernabeu Yeste. Dia membangun kembali stadion yang rusak akibat perang, Ciudad Deportiva kawasan latihan juga diperbaiki, Dia juga membuat akademi bernama La Fabrica yang masih dipakai hingga sekarang.
-Pada tahun 1953 presiden Santiago Bernabeu Yeste mulai ambisinya mengumpulkan pemain-pemain terbaik dunia. Pemain bintang pertama yang didatangkan saat itu adalah Alfredo Di Stefano dari Argentina.

[sumber wikipedia dan website real madrid]



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut